:Muthia Esfand


Tulisan ini bukan apa-apa, hanya semacam reaksi (bergaya) akademik sesaat setelah menyaksikan highlight di Metro TV. Tentang konser grup musik bergenre underground di Bandung, yang berujung meninggalnya 11 penonton yang kebanyakan remaja tanggung.

Sekilas dikupas bahwa genre musik ini berasal dari negeri Barat, sebagai bentuk perlawanan kaum Gypsi terhadap dominansi dan doktrinasi negara pada tatanan masyarakat. Barangkali hampir mirip dengan kemunculan genre musik blues yang juga menjadi semacam alat perjuangan kaum Negro atas segala diskriminasi RAS yang mereka dapatkan. Underground lantas berkembang semakin pesat di tengah kondisi dunia kala itu yang penuh dengan konflik, peperangan, dan perebutan kekuasaan antar negara. Aliran ini menjadi frontline gerakan antikemapanan, antiborjuis, antikomunis, antikapitalis, antireligi, yang mencoba mencari bentuk kehidupan yang bebas dari tekanan dan intimidasi.

Yang pasti, genre musik ini berideologi, berprinsip. Bukan seperti genre musik pop yang murni produk kapitalis semu semata. Lama-kelamaan, underground menurunkan beberapa aliran musik lain seperti punk, ska, heavy metal, dll. Masih dalam “cita rasa” yang sama: antikemapanan.

Underground sebagai produk musik mulai marak di Indonesia pada tahun 1990-an. Dimulai dari suksesnya distribusi dan konser-konser grup musik underground Sucker Head. Selepas itu, mulai bertaburanlah kelompok-kelompok musik beraliran serupa. Secara subtansial, ada dua hal besar yang diadopsi kelompok musik underground Indonesia tersebut.

Pertama, ideologi antikemapanan. Sayangnya, antikemapanan ditafsirkan minus nilai positif. Bukan lagi semangat kemadirian atau semangat melawan dominansi penguasa lewat label-label pembelaan rakyat. Akan tetapi, semangat tampil beda dan keluar mainstream. Di negeri asalnya, kelompok underground memang kebanyakan bercitra negatif, bahkan memuja kekerasan layaknya dewa. Namun, ada pula yang masih bercita rasa positif seperti mengampanyekan penjagaan lingkungan dan sebagainya. Di Indonesia, semua nilai positif itu hilang tak berbekas. Tak ubahnya jenis musik lain yang muncul karena pasar menghendaki. Menjadi penikmat dan penggemar musik ini tak lebih dari sekedar mengikuti tren semata. Tak penting mengerti sejarah dan nilai ideologisnya. Cukuplah tau, sok-sok ber-head bangger menikmati, dan fasih menirukan suara serak sang vokalis.

Kedua, fashion style. Barangkali inilah yang sebenarnya paling digandrungi para remaja tanggung penggila musik aliran ini. Gaya rambut spike, celana yang sangat skinny, jaket kulit penuh badge, piercing, moshing, pogo, dan beragam aksesoris blink-blink lain. Selain kedua hal itu tampaknya cuma adopsi kekerasan yang diimpor mentah-mentah. Beberapa waktu yang lalu, saat berlibur dan berjalan-jalan di pusat kota Palembang, saya mendapati bahwa sebagian besar anak muda di sana bergerombol di pusat-pusat perbelanjaan dengan style pakaian jenis ini. Kadang saya tergelitik untuk iseng bertanya kepada mereka tentang maksud dan sejarah mode pakaian yang mereka kenakan. Saya yakin, 100 % dari mereka hanya mengikuti tren. That’s it.

Inilah barangkali potret remaja Indonesia paling dominan saat ini. Bergerak statis, mengikuti apa kata arus pasar. Robot kapitalis. Cita-cita bagi mereka hanyalah orientasi mendapat pekerjaan layak dan penghasilan. Itu saja. Pantaslah jika mereka tak peduli dengan segala kekacauan identitas yang mereka buat.

Ironisnya, berbagai kelompok masyarakat baik yang berorientasi sosial, politik, dan agama kebanyakan cenderung tidak memperhatikan hal ini dengan serius. Padahal mereka inilah yang akan menjadi aktor-aktor pengelola bangsa di kemudian hari. Produk-produk budaya pop yang minim orientasi positif terus saja mendapat kemudahan regulasi untuk diproduksi. Barangkali pemerintah kita perlu belajar pada Cina. Baru-baru ini, pemerintah Cina mengeluarkan larangan pemutaran dan produksi film dan segala hal yang bertema horror, penggambaran roh dan dunia spiritual lain yang disinyalir menyumbang dampak negatif yang cukup besar bagi perkembangan kejiwaan remaja dan pemuda.

Barangkali benar kata Pramoedya Ananta Toer bahwa bangsa ini sudah kehilangan wibawa dan kepercayaan dirinya secara total pascakeruntuhan Kerajaan Majapahit.

16/02/2008
come on guys, be part of us! Rockin de world from the left side

28 komentar:

penunggangkuda mengatakan...

Asl...ehe..dulu sy juga salahsatu yg gandrung dg aliran musik yg satu ini, tapi setelah tau ini nggak boleh...iya udah sy tinggalin aja.

penunggangkuda mengatakan...

"Barangkali benar kata Pramoedya Ananta Toer bahwa bangsa ini sudah kehilangan wibawa dan kepercayaan dirinya secara total pascakeruntuhan Kerajaan Majapahit"

pernyataan ini agak menggelitik sy....bangsa ini pernah berjaya setelah Majapahit seperti Kerajaan Islam Malaka, misalnya, atau Kerajaan Demak, ato Mataram Islam di Jawa, ato Kerjaan Gowa Talo di Makasakar. Kerajaan2 itu sangat BERWIBAWA dan PERCAYA DIRI diseantero dunia ketika itu. Bahkan kekuasaan Malaka meliputi tanah Malaysia dan Singapura sekarang. Ato juga kebanggaan pejuang2 dlm merebut kemerdekaan bangsa ini. mereka sangat BERWIBAWA dan PERCAYA DIRI, tampil di pentas Internasional, liat aja spt. Ahmad Dahlan, Musa As'ari,Soekarno, Hatta, Sudirman, Bung Tomo, Yamin, Syahrir, Agus Salim, Hamka, M.Natsir, M. Roem, Daud Beureh, Kartosuwiryo,dll.

itu aja deh..sebagai gambaran atas KEBANGGAN dan PEDEnya Bangsa ini di pentas Internasional. jadi anak2 bangsa yg suka latah nyontoh itu ajah yg beriwibawa lagi dan tida pede lagi.

muthia esfand mengatakan...

iya benar, pascaruntuhnya periode awal masa kerajaan kita juga pernah merasakan aura kepercayaan diri yang begitu dahsyat, yg bisa meruntuhkan kolonialisme yg sistemik itu. namun, kalau kita pikir lebih jauh...pascakeruntuhan masa kerajaan itu identitas murni bangsa indonesia mulai terkaburkan. memang, ini keniscayaan zaman. berkomuni atau tergilas. kondisinya barangkali sama dengan bangsa jepang.

biaca mengatakan...

Asl...oiya lupa....penunggangkuda pindah kemah kesini olangbiaca

PeLaNgi NuRaNi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
PeLaNgi NuRaNi mengatakan...

tulisannya mb muthi benar2 seperti seorang penulis sungguhan :) (loh maksudnya?)

Anonim mengatakan...

hahaha...si ivy...emang ada ya penulis ga sungguhan? setiap org yg menghasilkan karya tulis itu ya penulis. trgntung serius apa ga, profesional apa ga, sekedar coret2 atau profit, dsb. kalau aku siy coret2 iya, kadangkala ya profit juga hehe...

muthia esfand

Kigagore mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

bener......
hanya segelintir aja...
band yang bisa mewakili apa yang dibewanya(ideologi yang sebenarnya)
menyuarakan hati yang tertindas dan melawan tiran.hehehe numpang komen mb' walau hanya sedikit di kepala :)

lembarankehidupan

Fox mengatakan...

Sorry. Look please here

Yusuf Caesar mengatakan...

Dalam genre budaya massa (mass culture), "makna" tidak terlalu penting, yang penting adalah bentuk aktualisasinya. Itulah fenomena budaya pop yang melanda remaja kita.

Tenos mengatakan...

This comment has been removed because it linked to malicious content. Learn more.

doncrow mengatakan...

- sebenarnya bukan semua nya bu. ga semua yang mempunyai energi negatif. mungkin karena ibu hanya melihat dari satu sisi saja yakni media televisi or media apalah...Saya penggemar musik Underground, bahkan sampai saat ini saya sudah berkeluarga saya masih menyukainya, kadang saya hunting kaset / CD mereka (baca; underground).

- Ideologi Anti Kemapanan; itu hanya sebagian besar dari mereka yang berpendapat begitu. Mereka ingin bebas atas semuanya... tapi "everybody need money mate!!". JIkalau saya nge-band juga, ujung-ujungnya tentu ke uang, tapi tetap dari jalur indie label. Mungkin ini (bermusik) bisa dibilang kepuasaan dalam menyalurkan hobi. Dan saya lebih memilih ke jalur Underground / Indie karena disitu saya dapat bebas berkarya yang positif.
Aura Negatif dan POsitif itu ditentukan dari individu nya bu, bukan dari musiknya. Bagaimana mereka bisa membawa nya...

Jadi, sorry bu, saya tidak setuju dibilang "SEMUA" anak underground /indie itu bercitra negatif. Dan kejadian yang di bandung itu adalah salah panitianya dan kemananan (dalam hal ini polisi).

regards;

itsme.doncrow

BLACKMETAL UNDERGROUND DARK EMBRYONIC COMMUNITY mengatakan...

ASAL TAU AJA ....
UNDERGROUND ITU MUSIK ANTI TRENDY
DAN SANGAT ANTI DENGAN GAUL.....
jd orang yg tak tau aja..klo bilang pakaian/style ug..cm hanya gaya..itulah komunitas..pecinta musik dan seni..saya salut .....
karena mreks mempunysi persaudaraaan yg dkt danerat..krna mreka mempy slogan...SMUA UNDERGROUND BERSAUDARA..setiap ada.. event mreka bertemu psti jbat tangan tanda shbt dan saudara...tdk seperti MUSIK POP..KALAU PD NONTON PSTI YAAA..CMA PLIRAK PLIRIK..TRUS GAYA2AN MODERN YG MAKSIAT..UNDERGROUND ITU SENI BU..PECINTA MUSIK..80% mereka baik2 bahkan anank pondok pesantren kbanyakan...jangan samakan dgn PUNK jalanan bu........bukalah hati dan jiwa..makaSIH

BLACKMETAL UNDERGROUND DARK EMBRYONIC COMMUNITY mengatakan...

Yang dibandung itu tragedy karena kesalahan panitia yang dimana tiket sudah habiss..tp penonton masih diperbolehkan masuk hingga..melevbihi kapasitas sebesar 120%..yang seharusnya 900 orang menjadi 2000 orang begitulah ksalahan panitia saat itu..nonton tV dihayati..

Anonim mengatakan...

mumet mumet..wong ngga tau musik underground kok ngebahas musik underground :(( mbok yao cari referensi dulu klo mau ngomong...gara gara di bandung semua orang komentar miring ttg underground,saya tiap ada konser underground selalu nonton dan ngga pernah ada tawuran atau rusuh...di bulungan,cafe nirvana dll..emang baru di bandung aja ada musibah..sekali lagi itu bukan rusuh tawuran..murni human error..tolong bandingkan dengan konser2 band pop ..lhaa udh banyak kejadian rusuh..tapi apa??? senggol bacok <<--- di dangdut tuh banyak

ironepunxs mengatakan...

aih aih...si embak bahas masalah underground....
cadas euy...
metal lah....

scream human mengatakan...

para penjilat yg menggunakan tameng anderground,hanya untuk gaya-gayaan semata........
suck 2 all

Anonim mengatakan...

para penjilat yg menggunakan tameng anderground,hanya untuk gaya-gayaan semata........
suck 2 all

scream human mengatakan...

bersatu qt teguh,
bercerai qt runtuh....
udah,,gajamannya qt salah-salahan!!!
qt koreksi ja diri qt sendiri!!!
nyo qt bersatu pertahanin apa yg udah diperjuangin ame para pendahulu!!!
yg mesti qt jaga,,gmna caranya spya kaum underground tetep eksis di tanah air yg qt cintai!!!!
teori gampang bos!!!!

Anonim mengatakan...

mohon muup klo gw mungkin slah ngomong.

skrang mending qt pertahanin ap yg udah di diriin ama para pendahulu!!!
ga usah qt maen salah-salahan,mending qt koreksi aja dulu diri qt masing-masing!!!

PALU NOISE TERITORY mengatakan...

cam'lekom,,
salam metal nie buat semua pecinta musik underground di tanah air ...

skr bnyk org yg nganggap underground itu cmn sekedar gaya2an aja bisa jg dibilang numpang gaul ..hehe
tapi sebenarnya underground itu indah
apalagi law ditanya soal persahabatan or persaudaraan
wah underground sangat erat banget ma 2 hal itu ...
ngomongin soal style,,
underground cmn bermodalkan style apa'adanya ..g kaya pecinta musik pop,,dangdut or aliran musik lainnya ..yg menomor 1 kan style mrka..so gaul tp wawasan ttg musik cmn dikit aja ..!!!!

bagi gw underground itu musik yg paling mantap deh bandingin genre musik lainnya ...
pokoknya underground is the best lah ...

we dari ''PALU NOISE TERITORY''
(nag undergroundnya palu)
ngucapin banyak trma ksih buat kalian semua ..hehehe

metal kecil mengatakan...

Assalamualaikum.......
bener jg seh.... tp ibu mesti tau jauh kedalam UG itu sendiri.
jangan hanya krna tau secuil ttg kami ibu telah mampu berkomentar banyak ttg kami. UG tdk hanya life style seperti yg ibu lihat di mall2. Itu bukan tempat kami....

jika ingin berkomentar ttg kominitas UG ibu harus masuk didunia kami.. DENGAR.. HAYATI... MAINKANN....

METAL SAMPE MAMPUS.......

metal kecil mengatakan...

oooooohh... lupa

sampai jumpa dineraka

Wassalam...

BLACKMETAL UNDERGROUND DARK EMBRYONIC COMMUNITY mengatakan...

KELEBIHAN MUSIK METAL DIBANDING ALIRAN MUSIK LAINNYA
Kelebihan musik metal dibandingkan dengan musik selain metal
dari semua artikel yg ada dapat ditarik kesimpulan mengenai kelebihan / sisi positif musik metal / underground,,khususnya di indonesia :
1.Persatuan,kebersamaan,persaudaraan,perjuangan yg sangat tinggi dan terjalin dgn baik
2.ANTI SENGGOL BACOK..
Musik anti trendy dan gaul
3.Tidak mementingkan trend dan lagu2 jaman sekarang,yang cenderung cuman bnyak gaya,monotone,POSESIF,Bahkan mengajarkan hal2 buruk,selingkuh c0nt0hnya di lagu2 pop/dangdut
4.MUSIK ANTI MAKSIAT
coba bandingkan dengan dangdut dan pop yg sangat 80% melihatkan aurat2 kemaksiatan dan cuma penampilan doank.
5.MUSIK ANTI Dan PEMBENCI BAJAKAN
hanya tersedia di distro metal dan event2,bahkan ada slogan pada kaset yg bunyinya "YANG MEMBAJAK ANJING" :d
6.SENI YANG SANGAT TINGGI
a.mulai dari lirik lagu berfilosofi,kelihaian bermain alat musik,susunan nada,
b.K0munitas yang kreatif membuat gambar,stiker,kaos,atribut,emblem,poster,pamflet,pakaian lengkap,kaset pita,CD,DVD,topi
c.Meng-existensikan musik indie.
7.MUSIK YANG MENDUKUNG PERJUANGAN INDONESIA
-anak2nya membuat tulisan/stiker,yang berisi pesan motivasi,untuk negara dan kehidupan
-karena scra otomatis mempersatukan bangsa
-membela kaum tertindas ,rakyat tertindas
-benci akan penguasa pemimpin yang semena2,
8.EXPRESI SEBEBAS MUNGKIN
9.BAND & MUSIK yang tak kan pernah mati dan exist selamanya.
C0nt0h : band pop terkenal cuma sesaat dan yg lebih parahnya musik pop skrg ada yg namanya posisi teratas dan saling saingan,gila masak musik berl0mba2 posisi satu di televisi,PADAHAL MUSIKNYA JELEK,cuman menang gaya,gak mutu banget,
SUNGGUH TRAGIS BANGSA INI
10.ANTI PENGUASA
didalam komunitas musik metal tidak ada yang namanya penguasa,ketua,KARENA SEMUA SAMA,sEMUA GRINDER BERSAUDARA
11.MUSiknya PENUH FILOSOFI
12.MENURUT PENELITIAN
musik metal dapat menghilangkan strest,pelepas em0si,mempertajam seni dan imajinasi.
13.BANYAK PESAN 2 MORAL DUNIA Dan AKHIRAT
luar biasa...Patut diacungi jempol...!!!

BLACKMETAL UNDERGROUND DARK EMBRYONIC COMMUNITY mengatakan...

KELEBIHAN MUSIK METAL DIBANDING ALIRAN MUSIK LAINNYA
Kelebihan musik metal dibandingkan dengan musik selain metal
dari semua artikel yg ada dapat ditarik kesimpulan mengenai kelebihan / sisi positif musik metal / underground,,khususnya di indonesia :
1.Persatuan,kebersamaan,persaudaraan,perjuangan yg sangat tinggi dan terjalin dgn baik
2.ANTI SENGGOL BACOK..
Musik anti trendy dan gaul
3.Tidak mementingkan trend dan lagu2 jaman sekarang,yang cenderung cuman bnyak gaya,monotone,POSESIF,Bahkan mengajarkan hal2 buruk,selingkuh c0nt0hnya di lagu2 pop/dangdut
4.MUSIK ANTI MAKSIAT
coba bandingkan dengan dangdut dan pop yg sangat 80% melihatkan aurat2 kemaksiatan dan cuma penampilan doank.
5.MUSIK ANTI Dan PEMBENCI BAJAKAN
hanya tersedia di distro metal dan event2,bahkan ada slogan pada kaset yg bunyinya "YANG MEMBAJAK ANJING" :d
6.SENI YANG SANGAT TINGGI
a.mulai dari lirik lagu berfilosofi,kelihaian bermain alat musik,susunan nada,
b.K0munitas yang kreatif membuat gambar,stiker,kaos,atribut,emblem,poster,pamflet,pakaian lengkap,kaset pita,CD,DVD,topi
c.Meng-existensikan musik indie.
7.MUSIK YANG MENDUKUNG PERJUANGAN INDONESIA
-anak2nya membuat tulisan/stiker,yang berisi pesan motivasi,untuk negara dan kehidupan
-karena scra otomatis mempersatukan bangsa
-membela kaum tertindas ,rakyat tertindas
-benci akan penguasa pemimpin yang

BLACKMETAL UNDERGROUND DARK EMBRYONIC COMMUNITY mengatakan...

KELEBIHAN MUSIK METAL DIBANDING ALIRAN MUSIK LAINNYA
Kelebihan musik metal dibandingkan dengan musik selain metal
dari semua artikel yg ada dapat ditarik kesimpulan mengenai kelebihan / sisi positif musik metal / underground,,khususnya di indonesia :
1.Persatuan,kebersamaan,persaudaraan,perjuangan yg sangat tinggi dan terjalin dgn baik
2.ANTI SENGGOL BACOK..
Musik anti trendy dan gaul
3.Tidak mementingkan trend dan lagu2 jaman sekarang,yang cenderung cuman bnyak gaya,monotone,POSESIF,Bahkan mengajarkan hal2 buruk,selingkuh c0nt0hnya di lagu2 pop/dangdut
4.MUSIK ANTI MAKSIAT
coba bandingkan dengan dangdut dan pop yg sangat 80% melihatkan aurat2 kemaksiatan dan cuma penampilan doank.
5.MUSIK ANTI Dan PEMBENCI BAJAKAN
hanya tersedia di distro metal dan event2,bahkan ada slogan pada kaset yg bunyinya "YANG MEMBAJAK ANJING" :d
6.SENI YANG SANGAT TINGGI
a.mulai dari lirik lagu berfilosofi,kelihaian bermain alat musik,susunan nada,
b.K0munitas yang kreatif membuat gambar,stiker,kaos,atribut,emblem,poster,pamflet,pakaian lengkap,kaset pita,CD,DVD,topi
c.Meng-existensikan musik indie.
7.MUSIK YANG MENDUKUNG PERJUANGAN INDONESIA
-anak2nya membuat tulisan/stiker,yang berisi pesan motivasi,untuk negara dan kehidupan
-karena scra otomatis mempersatukan bangsa
-membela kaum tertindas ,rakyat tertindas
-benci akan penguasa pemimpin yang semena2,
8.EXPRESI SEBEBAS MUNGKIN
9.BAND & MUSIK yang tak kan pernah mati dan exist selamanya.
C0nt0h : band pop terkenal cuma sesaat dan yg lebih parahnya musik pop skrg ada yg namanya posisi teratas dan saling saingan,gila masak musik berl0mba2 posisi satu di televisi,PADAHAL MUSIKNYA JELEK,cuman menang gaya,gak mutu banget,
SUNGGUH TRAGIS BANGSA INI
10.ANTI PENGUASA
didalam komunitas musik metal tidak ada yang namanya penguasa,ketua,KARENA SEMUA SAMA,sEMUA GRINDER BERSAUDARA
11.MUSiknya PENUH FILOSOFI
12.MENURUT PENELITIAN
musik metal dapat menghilangkan strest,pelepas em0si,mempertajam seni dan imajinasi.
13.BANYAK PESAN 2 MORAL DUNIA Dan AKHIRAT
luar biasa...Patut diacungi jempol...!!!

BLACKMETAL UNDERGROUND DARK EMBRYONIC COMMUNITY mengatakan...

KELEBIHAN MUSIK METAL DIBANDING ALIRAN MUSIK LAINNYA
Kelebihan musik metal dibandingkan dengan musik selain metal
dari semua artikel yg ada dapat ditarik kesimpulan mengenai kelebihan / sisi positif musik metal / underground,,khususnya di indonesia :
1.Persatuan,kebersamaan,persaudaraan,perjuangan yg sangat tinggi dan terjalin dgn baik
2.ANTI SENGGOL BACOK..
Musik anti trendy dan gaul
3.Tidak mementingkan trend dan lagu2 jaman sekarang,yang cenderung cuman bnyak gaya,monotone,POSESIF,Bahkan mengajarkan hal2 buruk,selingkuh c0nt0hnya di lagu2 pop/dangdut
4.MUSIK ANTI MAKSIAT
coba bandingkan dengan dangdut dan pop yg sangat 80% melihatkan aurat2 kemaksiatan dan cuma penampilan doank.
5.MUSIK ANTI Dan PEMBENCI BAJAKAN
hanya tersedia di distro metal dan event2,bahkan ada slogan pada kaset yg bunyinya "YANG MEMBAJAK ANJING" :d
6.SENI YANG SANGAT TINGGI
a.mulai dari lirik lagu berfilosofi,kelihaian bermain alat musik,susunan nada,
b.K0munitas yang kreatif membuat gambar,stiker,kaos,atribut,emblem,poster,pamflet,pakaian lengkap,kaset pita,CD,DVD,topi
c.Meng-existensikan musik indie.
7.MUSIK YANG MENDUKUNG PERJUANGAN INDONESIA
-anak2nya membuat tulisan/stiker,yang berisi pesan motivasi,untuk negara dan kehidupan
-karena scra otomatis mempersatukan bangsa
-membela kaum tertindas ,rakyat tertindas
-benci akan penguasa pemimpin yang semena2,
8.EXPRESI SEBEBAS MUNGKIN