Kamis, 31 Januari 2008

Memilih Double Stick




Ada yang belum pernah lihat doble stick? Itu lho, senjata berbentuk dua tongkat pendek yang dihubungkan dengan rantai pendek. Pernah nonton filmnya Bruce Lee? Atau film-film kungfu lainnya? Jenis senjata ini banyak dipakai oleh aktor laga dalam film semacam itu.

Nama lain sejata beladiri ini ruyung atau nunchaku. Ukurannya bermacam, bahan pembuatnya pun beragam rupa. Double stick termasuk senjata yang fleksibel dan mudah dipelajari. Ia bisa dipakai sebagai senjata pertahanan, maupun penyerangan jarak dekat dan jauh. Harganya pun beragam, mulai dari Rp12.000 sampai mendekati kisaran satu juta untuk produk impor. Kamu juga bisa kok membuat sendiri jenis senjata ini, dari pipa besi yang dipotong dan dilas untuk menyambungkan rantainya. Bahan pembuat senjata ini cukup variatif. Ada yang terbuat dari spon, kayu, besi, dan almunium. Doble stick buatan lokal Indonesia biasanya terbuat dari kayu kelapa, dan sayangnya tidak bisa bertahan lama bahkan besar kemungkinan bisa habis dimakan rayap. Doble stick kayu produk impor jauh lebih kuat dan berkualitas. Entah mengapa demikian. Padahal segala jenis kayu berkualitas bisa kita temukan di sini.

Variasi dari senajta doble stick ini adalah triple stick, tentunya dengan tiga tongkat dan tiga rantai yang menghubungkannya. Penggunaannya sama saja, cuman mungkin terasa lebih ribet.

Biasanya, ilmu tentang penggunaan senjata ini didapat jika kamu bergabung dengan klub beladiri impor seperti taekwondo, kungfu, ju jit su, atau karate. Sedangkan dalam klub beladiri lokal, seperti pencak silat, ilmu penggunaan senjata jenis ini tidak terlalu dikenal. Kamu juga bisa belajar dari buku-buku tentang jurus nunchaku ini atau membeli DVD-nya. Meski, buku dan DVD tersebut memang agak sulit didapat di toko-toko buku atau olahraga standar.

Nah, bagi kamu yang tertarik memiliki dan mempelajari jenis senjata ini, untuk awalan beli yang terbuat dari spon agar tidak sakit saat tergelincir dan membentur badan ketika kamu mulai belajar menggunakannya. Kalau sudah lancar dan mantap memegangnya, kamu bisa coba double stick yang terbuat dari kayu. Dengan syarat, genggaman kamu harus lebih kuat dan benar. Sudah mahir menggunakan yang kayu? Oke, kamu bisa beralih ke double stick berbahan almunium. Cari yang ringan saja agar tidak terasa terlalu berat. Ketepatan ayunan dan penggunaan jurus bergantung dari ketepatan dan kekuatan genggaman tanganmu. Buat kamu yang sudah mahir dan expert, bolehlah menggunakan double stick besi yang lebih berat untuk latihan.

Sebenarnya, hampir di semua toko olahraga menjual double stick. Namun, jika kamu ingin mendapatkan produk impor yang kualitasnya lebih baik (bahkan ada pula yang dihiasi ornamen printing naga) kamu bisa mengunjungi distro-distro martial art yang ada di kota-kota besar, atau pesan via internet.

Belajar doble stick tidak terlalu sulit kok. Butuh kesabaran dan kemauan tentunya. Kapan aku pertama kali tertarik dengan senjata jenis ini? Kalau tidak salah sekitar tahun 1999, saat menyaksikan pertunjukan pencak seni di sekolahku. Lulus SMU kebetulan aku mendapat hadiah sebuah doble stick pipa besi dari seorang kawan. Sejak itu aku mulai rajin berlatih. Awal berlatih, aku selalu memakai helm agar tidak sakit ketika ayunanku tergelincir dan mengenai kepala. Lama-lama jadi lancar dan tidak membentur-bentur badan lagi. Dan, jadilah sekarang double stick jadi ”mainan” favoritku. Aku punya dua macam double stick dirumah, satu dari besi, satu lagi triple stick dari kayu. Inginnya sih bisa punya satu lagi double stick impor berbahan kayu. Miladku sebentar lagi lho...kalau mau ngasih hadiah itu aja deh..hehe..

Recomen stuff:
Buku

Dynamic Nunchaku
A Training Guide includes Preparing for practice, Drawing the nunchaku, Developing lighting dexterity, Blocking & striking, fighting techniques, Applications. (Tadashi Yamashita)

Nunchaku the Complete Training Guide-Book
The Complete Training Guide includes, History of the Nunchaku, Preparing for practice, Kata, Blocking & striking, fighting techniques, Applications. (Jiro Shiroma)

200-111 Nunchaku
Karate Weapon of Self Defence Book. (Demura)

Advanced Nunchaku
A Training Guide includes Methods of grasping the Nunchaku, Swinging and striking techniques, Changing grasps, Double flips, combinations, Double Nunchaku, Ideas for self-defence, Kata. (Demura & Ivan)

Situs
http://www.martialartshop.co.uk/martial_art_nunchaku.htm
http://www.kenji-martialarts.com/

5 komentar:

yon's revolta mengatakan...

aku dulu punya ini, nama kerennya ruyung kan he he. tp gw gak bisa cara makenya. pernah kena kepala, abis gt gw marah, kulempar dan mengenai kaca. setelah itu, hanya kugantung saja barang yang satu ini :-)

Yulius Patimuri mengatakan...

Lebih baik beladiri hanya mengelak dan menghajar dengan tangan dari pada memakai alat. Soalnya saya lagi mendalamai salah satu beladiri mengelak dahulu baru menghajar lawan

rizakasela mengatakan...

gw punya nih yang kayu impor
belinya pas kelas 1 sma dulu kalo gak salah
sekarang ngekost gak ada ruang kosong buat latihan

jawara penaga mengatakan...

ehm ehm...

saya jualan nunchaku yang dijamin bagus... kualitas bersaing.

INC (Indonesian Nunchaku Club ) merekomendasikan produk saya

salam kenal,

Jawara Penaga

cek link berikut :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1416154

Anonim mengatakan...

aku juga punya double stick , aku jga bisa menggunakannya tapi menurutku itu cma dasarnya aja aku pengen bisa menguasai tekhnik double stick lebih jauh lagi tp gmna caranya ya....